email

Pengertian Email, Jenis dan Struktur Didalamnya

Didalam kegiatan sehari-hari baik dalam dunia perkantoran dan mendaftar lowongan kerja, pastinya kamu sering memanfaatkan email. Dunia digital memberikan segalanya semakin lebih mudah, apalagi dengan hanya memanfaatkan jalur akses memakai email semua kebutuhan bisa dikirimkan langsung tanpa harus memakan waktu untuk disampaikan ke tujuan.

Lalu apa pengertian email secara detail, kali ini akan dibahas lengkap soal jenis email serta struktur yang ada didalamnya.

Pengertian Email, Jenis dan Struktur Didalamnya

Apa Itu Email

Email terdiri dari dua kata yaitu elektronic dan mail, sehingga bisa diartikan sebagai surat elektronik. Dalam pengertian luas, email diartikan sebagai sarana mengirimkan surat dan bertukar pesan memakai jaringan internet memakai gatget ataupun computer.

Email menjadi salah satu media yang digunakan untuk mengirimkan informasi. Dengan adanya tren pemanfaatan media sosial dan aplikasi yang sudah bisa diakses via mobile, tentunya pemakaian email menjadi salah satu hal yang memudahkan dalam semua aktifitas keseharian.

Sekarang email sudah dijadikan persyaratan umum. Bahkan dalam dunia kerja, website ecommerce, autoresponden dan keuangan online, email bisa dijadikan pengganti jati diri atau identitas seseorang. Email bisa dikatakan sebagai media yang didesain sama seperti dulu saat kita mengirim surat.

Tentunya penggunaan email bisa dikatakan memiliki banyak sekali keunggulan dibandingkan dengan sistem kirim surat. Pertama adalah kecepatan dalam berkomunikasi menjadi berkali lipat. Jika dulu membutuhkan berhari-hari saat ini semua kebutuhan bisa dikirimkan hanya beberapa detik saja.

Kedua adalah file yang bisa dikirimkan didalamnya bisa lebih banyak menyesuaikan kebutuhan. Jika dulu dalam pengiriman surat dalam setiap amplop akan dihitung berat dan seberapa penting datanya, saat ini banyaknya data yang dikirimkan tidak akan mempengaruhi biaya pengirimannya.

Jenis-Jenis Email

Email sendiri dibagi menjadi beberapa jenis menurut sistem pengiriman dan penggunaan data dalam setiap pengirimannya. Berikut ini beberapa jenis email yang bisa kamu ketahui.

Mail Server

Mail server merupakan sistem penyimpanan yang digunakan untuk memproses setiap bagian emai yang dimiliki seseorang. Saat ini terdapat beberapa jenis pemakaian Mail Server antara lain:

  • POP3

POP3 atau Post Office Protocol Version 3 merupakan protocol yang digunakan dalam mengambil sebuah email dari bagian sistem server. Sistem ini akan menampung semua email yang sudah dikirimkan supaya pihak penerima bisa mengambilnya ketika membuka atau membutuhkannya.

Sifat dari POP3 hanya bisa mendownload semua email yang ada di server komputer saja. Jadi dalam sistem ini, email hanya akan bisa dibuka dari pihak pemakai saja.

  • IMAP

IMAP atau Internet Message Access Protocol merupakan sebuah protocol standar yang dipakai dalam mengakses sampai mengambil email dari servernya. IMAP akan memberikan hak ases untuk penerima dalam membaca, memilih, dan bahkan menghapus pesan yang masuk ke email pribadinya.

Protokol ini bisa danggap lebih dinamis jika dibandingkan dengan sistem yang bekerja pada POP3. Karena dalam sistem kerjanya, ada akses dua arah yang bisa digunakan untuk mengakses email yang dikirim dan diterima dengan mudah.

  • SMTP

SMTP atau Simple Mail Transfer Protocol merupakan protocol yang digunakan untuk menerima email. Sehingga SMTP bisa dikatakan sebagai salah satu protocol yang sangat popular dipakai dalam mengirimkan email dari satu komputer ke komputer lainnya.

Dalam sistem kerjanya, SMTP akan memberikan hak akses ke dua arah antara mail server dan mail penerimanya. Protokol ini sangat memberikan pengaruh besar dalam setiap pengiriman email sejauh ini.

Pengertian Email, Jenis dan Struktur Didalamnya

Mail Application

Mail Application merupakan sebuah aplikasi yang dijadikan perangkat lunak, sehingga semua file apapun akan lebih mudah dikirimkan memakai akses internet. Saat ini Mail application yang sering kali digunakan antara lain:

  • Outlook

Merupakan aplikasi yang dibuat oleh Microsof. Sistem yang bekerja dalam outlook memakai email clien yang bisa digunakan untuk mengirim dan mendownload email dari penerima. Sistem yang ada didalamnya juga sudah didukung oleh IMAP/POP dan SMTP sehingga semua aktivitas pengiriman pesan bisa berjalan dua arah.

  • Push Mail

Merupakan aplikasi yang bisa diakses memakai smartphone dan gatget yang memudahkan pemakai mengirimkan email. Dengan memakai fitur ini, pemakai bisa melakukan pemantauan langsung semua email yang sudah masuk ke inbok. Semua prosesnya berjalan real time sehingga pemakai tidak akan ketinggalan pemberitahuannya.

  • Gmail

Gmail singkatan dari Google Mail yang menjadi salah satu aplikasi milik Google. Didalamnya sudah didukung fitur IMAP dan POP yang memudahkan melakukan deteksi semua jenis berkas dan mail yang dikirimkan maupun diterima pihak kedua.

Struktur Email

Untuk bekerja maksimal, email memiliki struktur penyusun. Pada sebuah email terdapat dua struktur penting antara lain:

  • Header Email

Merupakan kepala email yang menunjukkan alamat email pengirim atau penerima email. Didalam bagian ini terdapat kolom tanggal, waktu, dan judul email.

  • Body Email

Bagian tubuh email yang didalamnya berisi konten pesan. Kolom yang tersedia bisa digunakan untuk teks atau file lain yang dikirimkan berupa gambar, video atau lainnya.

Kesimpulan

Itulah pengertian lengkap mengenai email, jenis dan strukturnya. Dengan memahami semua penjelasan diatas, semoga kamu semakin mengetahui keseluruhan mengenai surat elektronik ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button