website

Panduan Dasar Tentang Website Bagi Pemula

Website merupakan halaman berisikan informasi tentang suara, gambar bahkan teks yang kini bisa terakses banyak orang melalui internet. Para pengguna internet pastinya sudah tidak asing lagi dengan search engine seperti Yahoo, Google, Bing maupun media sosial lainnya.

Hanya saja dari banyaknya pengguna internet ternyata tidak semuanya mempunyai website. Hanya sebagian dari mereka mencari informasi lewat internet dengan mengunjungi suatu website.

Alasan mereka yang belum mempunyai website dikarenakan keterbatasan keahlian mereka dalam pembuatan website. Selain itu ada pula yang beralasan jika mereka belum mengerti fungsi website itu sendiri.

Panduan Dasar Tentang Website Bagi Pemula

Pengertian website yang harus anda ketahui

Website adalah informasi yang didalamnya berupa suara, gambar bahkan teks untuk para penggunanya. Tujuannya tak lain hanya untuk menerangkan profil perusahaan, produk yang mereka miliki bahkan kontak yang nantinya bisa dikunjungi.

Apalagi sekarang hadir pula jenis website e-commerce seperti halnya penjualan tiket, toko online, pembayaran online bahkan lainnya seringkali dimanfaatkan menjadi sarana transaksi secara online.

Semisal saja anda sekarang ini mempunyai ruko yang dipergunakan berjualan baju. Maka anda pun kini bisa menggunakan ruko untuk memajang beragam produk baju yang anda jual.

Begitu pula ketika anda mempunyai website pastinya anda bisa memajang beragam produk baju yang anda miliki pada website itu. Apalagi website tersebut bisa dikunjungi oleh siapa saja dan kapan saja. Jadinya bisa menjangkau pasar lebih meluas lagi.

Usahakan menghadirkan tampilan website sederhana namun penuh dengan informasi jelas. Jadi mereka yang mengunjungi website pun semakin tertarik untuk membeli produknya.

Bagaimanakah website menampilkan informasinya?

Website dibuat hanya dengan script pemrograman sehingga mampu menampilkan data yang telah didefinisikan ketika pembuatan untuk kebutuhan para penggunanya. Informasi yang biasanya ditampilkan akan diambil dari database website. Baik itu berupa gambar, tulisan, video bahkan lainnya.

Selanjutnya script pemrograman yang berada pada server hosting nantinya diterjemahkan web browser agar mampu tampilkan informasi yang sudah ditentukan. Jika memang sekarang ini anda penasaran akan cara website menampilkan informasinya. Inilah cara kerja website yang perlu anda ketahui yakni:

  • Anda meminta web browser mengakses alamat website.
  • Web browser nantinya memberikan perintah pada internet supaya mampu mengakses server yang menyimpan data website.
  • Internet pun meminta data baik mengenai informasi bahkan gambar pada server hosting.
  • Server pun nantinya berikan data yang sudah diminta pada internet.
  • Internet mengirimkan lagi data yang sudah diberikan server pada browser.
  • Browser akan menerima data informasi yang berasal dari internet.
  • Browser memberikan tampilan data yang kini diminta dari alamat website tujuannya.
  • Anda pun kini mampu mengakses segala informasi bahkan gambar yang ada pada website sesuai keinginan.

Dari alur yang sudah tersedia di atas pastinya anda mengerti jika website yang biasanya anda akses ini sebetulnya sudah disimpan dalam server penyimpanan. Sedangkan tampilan yang nantinya di akses merupakan tampilan yang berhasil diambil dari server kemudian ditampilkan pada website anda melalui web browser.

Dari sini pastinya anda semakin mengerti bagaimana sebetulnya cara kerja website itu. Apalagi bagi anda yang masih pemula memang harus belajar banyak hal mengenai hal ini. Jangan sampai nantinya di tengah jalan merasa kebingungan karena belum mempelajari banyak hal tentang website.

Panduan Dasar Tentang Website Bagi Pemula

Jenis platform dalam pembuatan website

Perlu anda ketahui ternyata ada beberapa jenis platform dalam pembuatan website yang sudah tersedia. Hanya saja bagi mereka yang belum paham tentang website pasti belum mengetahuinya. Jika penasaran sebaiknya simak keempat platform berikut ini:

  • Manual coding

Website sengaja dibuat dari nol secara manual hanya dengan script pemrograman. Jadi anda pun begitu mudah memahaminya.

  • Framework

Kali ini websitenya sengaja dibuat mempergunakan library script pemrograman. Jadi fungsi dasar yang umumnya dipergunakan sudah didefinisikan. Jadi developernya hanya perlu pergunakan library guna mengembangkan websitenya.

Pastinya anda yang telah terbiasa dengan script pemrograman akan membuat website dengan mempergunakan framework. Dimana prosesnya memang lebih cepat dan juga praktis.

  • Content Management System atau CMS

CMS adalah sistem pembuatan website yang sudah siap dipergunakan. Pada umumnya pengguna tidak terlalu banyak bersinggungan dengan yang namanya script. Fungsi sekaligus filter dasar website telah tersedia sehingga bisa langsung dipergunakan setelah CMS terinstal.

  • Web builder

Web builder adalah sistem pembuatan website siap pakai yang hampir sama dengan CMS. Hanya saja perbedaannya bisa kita lihat dari fungsi yang mereka tawarkan. Dimana fungsinya cenderung lebih sedikit bahkan bisa dikatakan terbatas.

Biasanya ada beberapa jenis web builder sudah mempunyai fitur custom coding yang mampu memungkinkan pengguna membuat fitur tertentu untuk coding manual. Hanya dengan menggabungkan script pemrograman client side dengan server side yang tepat. Nantinya anda bisa menciptakan sebuah website mengagumkan sesuai keinginan.

Semoga saja hadirnya penjelasan di atas terkait website sekaligus panduan dasar website bagi pemula bisa memberikan pengetahuan lebih meluas pada anda. Terlebih yang tadinya sama sekali belum paham tentang website. Dari sini anda bisa belajar banyak hal mengenai website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button