website

Cara Menentukan CMS yang Tepat Untuk Website

Seiring perkembangan teknologi, sarana promosi bisa saja dilakukan para pebisnis untuk memajang bahkan menjual produknya dengan mudah. Salah satunya adalah memakai jalur website. Didalam sebuah website, bisa ditampilkan berbagai brand produk dengan lengkap tanpa batasan sesuai dengan keinginan pemilik produknya.

Jika dibandingkan dengan dulu, sekarang pembuatan website memang bisa dibilang lebih mudah. Hal ini didukung dengan adanya sebuah sistem yang dinamakan CMS. Lantas apa itu CMS dan bagaimana cara menentukannya? Kali ini akan dibahas lengkap mengenai hal tersebut.

Cara Menentukan CMS yang Tepat Untuk Website

Apa Itu CMS

CMS adalah singkatan dari Conten Management System. Didalam sistem ini seseorang akan semakin mudah dalam membuat bahkan mendesain sebuah website. Memanfaatkan CMS bisa dibilang lebih mudah dijalankan karena pengguna tinggal siap pakai saja.

Jika dibandingkan dengan membuat website secara manual, membuat memakai CMS bisa dibilang lebih instan. Pengelolaan website manual membutuhkan banyak ketentuan dan jika tidak benar saat penyusunannya, pemakai website akan merasakan kurang maksimalnya efek ketika digunakan sebagai sarana promosi.

Memakai CMS juga dibilang akan terhindar dari berbagai masalah script. Apalagi CMS juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur canggih yang langsung bisa digunakan sejak CMS terinstal di website kamu. Pemakai tinggal menggnakan dan menyusun warna, ini konten dan tata letak produk sesuai dengan keinginan.

CMS memiliki beberapa fitur keren yang akan siap digunakan pemakai. Sejauh ini beberapa fitur tambahan yang terdapat pada CMS memiliki fungsi khusus semisal plugin, system module, add-on serta component lainnya. Jadi dengan menggunakan CMS, pengguna bisa langsung memakainya tanpa harus detail mengatur ulang.

Supaya berjalan dengan maksimal, dibutuhkan cara yang tepat dalam menggunakan dan menentukan jenis CMS. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan pengguna jika ingin memakai website yang sudah didukung dengan sistem CMS.

Menentukan CMS pada Website

Jika kamu ingin menggunakan CMS, maka juga harus bisa menentukan jenis CMS mana yang berfungsi bagus. Berdasarkan server yang digunakan untuk penyimpanannya, CMS dibagi menjadi dua yakni CMS Hosted dan CMS Self Hosted. Berikut ini penjelasan keduanya.

CMS Hosted

Bagi pemakai CMS Hosted, maka semua file yang ada didalam sebuah website semuanya akan tersimpan pada server yang menyediakan CMS tersebut. Kamu tidak akan memiliki hak akses untuk masuk ke sistem penyimpanan sistem atau servernya. Sehingga pemakai hanya bisa melakukan aktivitas sebatas pengeditan halaman administrator saja.

Penyedia CMS bertindak sebagai pengelola sepenuhnya baik dari segi isi file dan apa saja yang tersimpan dalam server. Jika ingin menggunakannya secara maksimal, kamu harus melakukan pendaftaran untuk bisa memiliki akses login ke penyedia CMS.

Kelebihan

memakai sistem CMS Hosted memang memiliki sejumlah kelebihan. Beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan jenis CMS ini antara lain:

  • Pemakai tidak harus berlangganan hosting, mengingat semua file CMS ini sudah dijamin sepenuhnya oleh pihak yang sudah menyediakan jasa layanan CMS.
  • Tidak diwajibkan membeli domain, karena penyedia jasa CMS memang sudah menyediakan sub domain secara gratis dan siap dgunakan pengguna.
  • Tidak khawatir kekurangan ruang penyimpanan, karena pemilik layanan memiliki disk space hosting besar. Kamu bisa membuat sebanyak mungkin website didalamnya.

Kekurangan

Selain memiliki kelebihan menggunakan CMS Hosted juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangannya.

  • Sama sekali tidak memiliki hak akses ke script website. Hal ini memberikan hak akses kamu semakin terbatas tentunya.
  • Scrips website hanya akan tersimpan pada server yang menyediakan jasa CMS. Dengan begitu penyedia jasa memiliki hak sepenuhnya menghapus file milik kamu jika mereka menginginkannya.

Dengan beberapa kelebihan dan kekurangannya diatas, kamu bisa menentukan seberapa bagus tidaknya pemakaian CMS Hosted untuk website pribadimu.

Cara Menentukan CMS yang Tepat Untuk Website

CMS Self Hosted

Berikutnya jenis CMS kedua yang bisa digunakan adalah CMS Self Hosted. CMS ini menyediakan penyimpanan file dalam sebuah server hosting milik kamu sendiri. Sehingga penguna sistem CMS ini akan diberikan hak sepenuhnya jika ingin mengakses semua yang berkaitan dengan websitenya.

Pemilik yang memakai sistem CMS Self Hosted juga bisa melakukan modifikasu menyesuaikan kebutuhan baik script atau fitur lain untuk penunjang websitenya. Namun pemakai CMS ini juga harus membutuhkan dana tambahan untuk menyewa server hosting untuk melakukan pengelolaan.

Kelebihan

Meski dikatakan lebih boros dibandingkan jenis CMS sebelumnya, namun CMS Self Hosted memiliki beberapa kelebihan antara lain:

  • Bisa melakukan berbagai akses karena pemilik memiliki kendali penih ke file website tersebut.
  • Bisa melakukan backup file dan mendownloadnya. Sehingga beberapa file penting bisa disimpan manual ke file pribadi di laptop atau komputer.

Kekurangan

  • Wajib membeli server hosting sebagai media melakukan penyimpanan website.
  • Membutuhkan sebuah domain jika menginginkan memperbanyak website.
  • Besarnya kapasitas penyimpanan website menyesuaikan paket server hosting.

Kesimpulan

Itulah penjelasan lengkap mengenai CMS dan jenisnya. Dari sejumlah kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis CMS tersebut, maka kamu bisa menentukan sendiri jenis CMS mana yang mungkin akan nyaman digunakan untuk websitemu kedepannya. Semoga memberikan tambahan informasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button